BUKAN HAL MURAH


Matius 13:44, "Hal Kerajaan Sorga itu seumpama harta yang terpendam di ladang, yang ditemukan orang, lalu dipendamkannya lagi. Oleh sebab sukacitanya pergilah ia menjual seluruh miliknya lalu membeli ladang itu."

Perumpamaan Yesus di atas menggambarkan bahwa, Kerajaan Sorga bukanlah sesuatu yang murah & murahan. Seseorang harus melepas seluruh miliknya demi mendapatkan Kerajaan Sorga. Itulah sebabnya, Yesus pun mengatakan: "Dan setiap orang yang karena nama-Ku meninggalkan rumahnya, saudaranya laki-laki atau saudaranya perempuan, bapa atau ibunya, anak-anak atau ladangnya, akan menerima kembali seratus kali lipat dan akan memperoleh hidup yang kekal." (Matius 19:29)


Percaya atau tidak, sikap hati yang salah terhadap mamon (segala sesuatu yang kita miliki), dapat menghambat kita memperoleh Kerajaan Sorga. Simak saja kisah "anak muda yang kaya" di Matius 19:16-23. Dengan kata lain, mencari Kerajaan Sorga bukanlah 'pekerjaan' sambilan, juga bukan hanya 'pekerjaan' di hari minggu (dengan pergi ke gereja), tapi sebuah 'pekerjaan' yang harus dilakukan dengan totalitas hidup & harian sifatnya.

Mereka yang mendapatkan Kerajaan Sorga, bukanlah orang Kristen 'lenggang kangkung'. Mereka memiliki 'nafsu' yang besar untuk mendapatkan Kerajaan Sorga, hingga rela mengorbankan segalanya. (Pertanyaannya, seberapa besarkah 'nafsu' kita?)
Sekalipun nampaknya sulit, namun bagi para pencari Kerajaan Sorga, Tuhan menjanjikan 2 jenis upah:

1. upah yang dapat dinikmati semasa kita hidup di bumi
Markus 10:30a, "orang itu sekarang pada masa ini juga akan menerima kembali seratus kali lipat: rumah, saudara laki-laki, saudara perempuan, ibu, anak dan ladang, sekalipun disertai berbagai penganiayaan,"

2. upah yang akan dinikmati di masa kekekalan
Markus 10:30b, "dan pada zaman yang akan datang ia akan menerima hidup yang kekal."

Upah yang sungguh melampaui seluruh pengorbanan kita. Karenanya, para pencari Kerajaan Sorga tidak akan pernah menyesali pengorbanan & perjuangan mereka.

Lukas 13:24, Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat."




loading...
Share on Google Plus

About Yedija Prima

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment