MENGHARGAI IBLIS


Dua kata di atas mungkin cukup mengejutkan & terkesan ekstrim. Menghargai Tuhan tentu saja sangat baik bahkan sebuah keharusan, ... tapi menghargai iblis ..., ho ho ho nanti dulu .... Mungkin itu adalah reaksi kita pada umumnya setelah membaca judul di atas.
Bila seseorang dikatakan menghargai rekannya, maka bisa dipastikan ia mengenal rekannya itu. Mengapa? Karena penghargaan kepada seseorang (satu pribadi) akan timbul dan berkembang dalam hati, bila telah mengenal dan makin mengenal pribadi tersebut.
Kalau kita mengenal Tuhan maka kita akan menghargaiNya dengan layak, sehingga kita pun akan memuji & menyembah Dia dengan sepenuh hati.

Mungkin judul di atas kurang tepat. Tetapi tentu saja yang dimaksud dengan "menghargai iblis" di sini adalah, kita mengenali keberadaan iblis dan pekerjaannya.
Salah satu strategi iblis yang agaknya paling berhasil diterapkan di dunia adalah, ketidak percayaan atau ketidaktahuan orang akan keberadaan iblis & pekerjaan iblis. Kurangnya pengetahuan umat Tuhan & orang pada umumnya tentang iblis telah menyebabkan keberhasilan iblis dalam "mencuri, membunuh & membinasakan" mereka (Yohanes 10:10). Sebuah kenyataan yang ironis, bahwa sementara  banyak orang meremehkan kehadiran iblis dalam hidup mereka, pada saat yang sama iblis sedang menggiring mereka tanpa perlawanan kepada kebinasaan yang kekal.

2 Korintus 2:11, "Saya lakukan itu supaya Iblis jangan mengambil kesempatan untuk menguasai kita; sebab kita tahu rencana-rencananya." IBIS 

Yesus adalah pribadi yang tidak memandang rendah keberadaan iblis. Ia bahkan dapat mengenali setiap pikiran iblis yang terpancar dari perkataan dan perbuatan orang-orang di sekitarnya. Sehingga Ia tidak pernah memusuhi manusia tapi iblis yang ada di belakang manusia. Bahkan selama hidupnya di bumi, iblis selalu mengikuti, memperhatikan dan berusaha menjatuhkan Yesus, simak betul-betul Lukas 4:13.

Efesus 6:12, "karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara." LAI

Kadar perlawanan kita terhadap iblis menunjukkan seberapa banyak kita mengenal iblis. Alkitab adalah sumber pengetahuan & informasi tentang iblis. Semakin orang mempelajari (menyelidiki) Firman Tuhan, akan semakin tahu segala sesuatu tentang iblis, dan makin pandai melawan iblis. Iblis pun  menyadari hal ini, maka ia akan selalu berusaha menghalangi orang untuk membaca Alkitab. Iblis telah mengirim  banyak roh jahat yang membangkitkan rasa enggan & malas membaca Alkitab. Bisa Anda bayangkan apa yang akan terjadi bila para suami dan istri jarang membaca Alkitab, atau kaum pengusaha & profesional jarang membaca Alkitab.

Tahukah Anda, bahwa ada kegagalan-kegagalan di dunia usaha disebabkan oleh iblis & roh-roh jahat? Sebagai contoh simak kisah nyata berikut:
Suatu kali ada seorang pengusaha membuka kantin di sebuah sekolah. Dan selang beberapa waktu, kantin sang pengusaha tetap saja sepi. Beberapa strategi untuk meningkatkan omzet pun dilakukan. Namun keadaan tetap sama, kantin masih juga sepi.
Langkah selanjutnya, sang pengusaha pun meminta seorang hamba Tuhan mendoakan kantinnya, untuk mengetahui apa yang sebenarnya terjadi. Setelah doa dilakukan, diketahui bahwa ada sesosok roh jahat berdiri di depan pintu kantin. Roh tersebut menghalangi setiap siswa yang hendak berkunjung ke kantin, akibatnya para siswa secara tiba-tiba membatalkan niatnya untuk 'berbelanja' di kantin. "Pantas saja kantin selalu sepi", ujar sang pengusaha. Percaya atau tidak, roh jahat ternyata dapat menghalangi kemajuan sebuah usaha. Dan setelah roh jahat diusir, kantin sang pengusaha pun ramai pengunjung (siswa), omzet meningkat. Haleluya !!!

Ada banyak kisah nyata tentang kekalahan umat Tuhan seperti di atas, kurangnya pengetahuan tentang iblis & roh-roh jahat menjadi penyebab utamanya. Bagaimanapun juga mengenal siapa & bagaimana iblis adalah selalu lebih baik dari pada tidak mengetahui apapun. Sudah seharusnya kita mengenali musuh kita. Peperangan yang dapat dimenangkan adalah bila kita mengenali sang musuh dan mengetahui kekuatan dan strateginya. Apakah iblis memiliki strategi perang? O ya, bahkan ia punya banyak strategi. Beberapa strategi iblis dapat Anda temui dalam artikel di blog ini & di walletsalvation.blogspot.com (segeralah mengunjungi blog tersebut).
Nah, saran saya, jangan jauhi Alkitab, kenali siapa musuh Anda, kalahkan dia dalam nama Yesus.

1 Petrus 5:8, "Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya."
Share on Google Plus

About Yedija Prima

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 comments:

  1. Thanx,Bro-utk wisdomnya, krn gue akhir2 ini juge merase kalo usahe gue akhir2 ini agak merosot. Yah,rasane gue harus perbanyak porsi makan Firman Tuhan,nich..?! Oya,Bro-kalo elu punye artikel tentang akhir Zaman,mbok tolong dibeber gietu layare biar yg laen bisa liat.Oya Bro,elu punyak gak Rek.Mandiri? Barangkali aja....barangkali...ha..ha..ha..See You in New Jerusalem (Joshua Prima-Sby)

    ReplyDelete